Selasa, 17 Mei 2011

Tahu Telor & Tahu Tek


Saya adalah salah satu penggemar kuliner Tahu Bumbu atau Tahu Telor yaitu masakan khas dari Kediri. Dimana kuliner tersebut banyak pula dijumpai di Kota Surabaya, dimana penganan itu dijajakan dengan menggunakan gerobak sorong yang dilengkapi dengan alat penggorengan dan kompor. Dan karena sering dijajakan di malam hari maka juga dilengkapi dengan sebuah lampu minyak (tanah) dan seiring perkembangan jaman, kini banyak dijumpai penjual Tahu Telor melengkapi gerobaknya dengan lampu neon yang mengambil daya dari sebuah baterai/accu mobil.
     Dari sekian banyak penjual Tahu Telor/Tahu Tek-tek, mereka memiliki bermacam-macam rasa yang berbeda-beda yang mana menurut saya ada yang enak dan ada yang kurang enak. Karena saya penggemar berat, maka saya sering membeli dengan cara berganti-ganti penjual. Tetapi dari sekian penjual yang masakannya saya nikmati hanya beberapa yang menurut saya enak sesuai selera saya dan keluarga. Ada yang enak, tetapi tempatnya jauh dan mahal harganya. Ada yang dekat dan lewat depan rumah, tetapi sekarang penjualnya sudah tidak lewat lagi (mungkin penjualnya sudah tiada lagi..... ihik...ihik...).
     Akhirnya saya mencoba membuat sendiri demi menuruti selera yang jarang orang lain yang tidak bisa menuruti keinginan saya. Silakan mengikuti resep yang saya buat :

Bahan-bahan :
-  1 porsi           Nasi / Lontong
-  1/2  potong    Tahu Putih
-  1 butir            Telor Ayam
-  3 sdm             Minyak Sayur
-  1 sdm             Taoge Pendek
-  2 lembar         Daun Bawang
-  2 tangkai         Daun Seledri

Bumbu :
-  2 sdm             Kacang Tanah (yang sudah digoreng)
-  2 siung            Bawang Putih (diiris tipis2 dan digoreng)
-  2 siung            Cabe Rawit (sesuai selera)
-  1 sdm             Petis Ikan/Udang
-  1 sdm             Kecap Manis
-  2-4 sdm         Air matang

Pelengkap :
-  Acar Timun
-  Bawang Goreng
-  Kerupuk Udang/Ikan

Cara membuat :
     Pertama-tama kocoklah telur dalam sebuah mangkuk, tambahkan sedikit garam, irisan daun bawang, dan masukkan tahu yang sudah dipotong kecil-kecil. Kemudian goreng seperti membuat dadar. Setelah matang dan warnanya agak kuning kecoklatan, angkat dan sisihkan.
     Selanjutnya untuk membuat bumbu, giling kacang goreng, bawang goreng dan cabe. Setelah halus camburkan airmatang dan masukkan  petis. Setelah tercampur rata, tambahkan kecap manis, aduk rata. Maka siaplah bumbunya.
     Untuk menyajikan, siapkan nasi/lontong dalam sebuah piring, letakkan dadar telur tahu di atasnya, kemudian siramkan bumbu yang sudah dibuat. Setelah bumbu di siramkan, taburkan taoge, irisan seledri, serta bawang goreng. Sajikan dengan acar timun dan kerupuk. Dan selanjutnya bisa disantap........ mmmm...lezatnya kuliner bikinan sendiri..!!

N.B : Untuk Tahu Tek-tek, cara pembuatan dan bumbunya sama, hanya dihilangkan telurnya. Jadi hanya
         memakai tahu goreng dan kentang rebus (sesuai selera).

Tips  :  Pakailah kecap merk ABC, Kecap SATE, atau Bango supaya masakan lebih sedap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar