Senin, 16 Mei 2011

Tape Ketan Hijau

   Lagi2 kalu bicara soal Tape Ketan yang sering kita jumpai adalah soal rasa yang terasa asam dan asli dari bahan campurannya . Tapi menerut pengalaman saya yang saya telusuri baik dari media online maupun mulut kemulut bahwa ada Trik tersendiri bagaimana mengatasi agar Tape Ketan disini tidak terasa asam dan malah terasa manis. Dan saya terus berkarya soal Tape Ketan yang berkualitas dan tahan lama. Ada pun resep yang sudah saya terapkan dan saya uji di lapangan dan terbukti hasilnya.
  


  Bahan Yang Di Butuhkan :

     1  Kg Beras Ketan Putih
     4  Butir Ragi
     3  Tetes Pewarna Makanan Warna Hijau

  Cara Membuat :

    Bersihkan Ketan Putih terlebih dahulu kemudian rendam ketan putih dan kasih perwarna hijau kurang lebih sehari untuk merendam, Jangan lupa sambil nunggu rendaman Beras Ketan Putih Jemur terlebih dahulu Ragi kurang lebih 6 jam jangan sampai kena air sedikit pun, setelah bener2 kering Ragi tersebut kemudian Parut Hingga Lembut. 
    Lalu setelah Beras Ketan sudah selesai di rendam kemudian tiriskan terlebih dulu kemudian kukus , kukus sampai 2x, kukusan pertama 1/2 jam dan kukusan pertama selesai cuci Beras Ketan Yang sudah di kukus dengan air lalu tiriskan kembali, dan kukus kembali tahap kedua sama juga 1/2 jam. setelah selesai angkat dan dinginkan samapai bener2 dingin. 
    Kalau sudah dingin campur Beras Ketan Yang sudah matang dan dingin dengan ragi yang sudah di parut dan campur dengan 2 sendok gula putih dan campur hingga menyatu. Jika sudah tercampur Taruh ke dalam Toples Tutup Rapat hingga tak ada udara. Diamkan hingga 2 hari 2 malam. Jadi dechhhh Tapenya . . . (@_@).

   Nambah Berita :
  1. Resiko yang Timbul Jika Ragi yang sudah di jemur kering kena air sedikit saja akan kembali terasa     asam jika sudah matang Tapenya.
  2. Jika Semakin lama Tape Tidak Kemakan Tentu Saja Si Tape bisa digunakan sebagai campuran Es.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar